Monday, May 20, 2024
HomeBlog8 Cara Terbukti Menghasilkan Uang dari TikTok di Tahun 2024

8 Cara Terbukti Menghasilkan Uang dari TikTok di Tahun 2024

Meskipun baru diluncurkan secara internasional pada tahun 2017, TikTok telah menjadi otoritas dalam bidang budaya, politik, mode, dan lainnya. TikTok adalah sebuah kekuatan yang berkembang pesat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2024, terdapat hampir 150 juta pengguna TikTok di Amerika Serikat. Aplikasi video berdurasi pendek telah menarik basis pengguna Gen Z yang cukup besar, dan bagi wirausahawan, hal ini merupakan potensi pemasaran yang besar.

Jika Anda ingin memanfaatkan basis pengguna TikTok yang sangat besar dalam membangun audiens Anda, berikut adalah strategi beberapa pembuat dan pemasar top platform media sosial tersebut. Dapatkan tips tentang cara menghasilkan uang di TikTok, mulai dari penjualan merchandise penggemar hingga langganan berbayar.

Memutuskan cara memonetisasi pengguna TikTok menjadi lebih mudah setelah Anda memahami lebih dalam tentang target audiens Anda. Tidak ada pendekatan tunggal dalam monetisasi, namun mereka yang berpenghasilan tertinggi biasanya memiliki sejumlah sumber pendapatan tambahan. Dari konten bersponsor hingga pemasaran organik, peluang dengan TikTok hampir tidak terbatas.

8 cara untuk mulai menghasilkan uang di TikTok

1. Bergabunglah dengan Program Kreativitas TikTok

Pengguna yang memiliki banyak pengikut mungkin mempertimbangkan untuk menghasilkan uang melalui Program Kreativitas TikTok. Diumumkan pada bulan Februari 2023 dan diluncurkan pada bulan Mei, program ini menggantikan Dana Pembuat TikTok.

Pembuat konten yang berbasis di AS dengan setidaknya 10.000 pengikut dan 100.000 penayangan video asli dalam 30 hari terakhir memenuhi syarat untuk mengikuti program ini.

Kelayakan:

  • Pengguna harus berusia minimal 18 tahun untuk mendaftar
  • Pengguna harus memenuhi persyaratan minimum pengikut dan penayangan video
  • Akun pengguna harus bereputasi baik
  • Kreator yang sudah terdaftar dalam Dana Kreator TikTok dapat meningkatkan ke Program Kreativitas

2. Jual merchandise

Menjual produk Anda sendiri di TikTok sangat bagus untuk memonetisasi hampir semua jenis konten. Kreator⁠—baik penari, penyanyi, atau komedian⁠—dapat membuat dan menjual merchandise untuk penggemar paling setianya.

Dan dengan beragamnya perusahaan print-on-demand di pasar, ada banyak sekali barang dagangan yang dapat dipilih. Anda dapat menjual kaos, tas jinjing, sarung bantal, topi, cangkir kopi, stiker, buku catatan⁠⁠, atau kombinasi produk apa pun.

Menjual produk print-on-demand bahkan memiliki manfaat selain pendapatan. Memiliki merchandise bermerek memberi penggemar koneksi yang lebih dalam ke merek pribadi Anda, dan setiap pengikut yang memakai merchandise Anda menyebarkan berita tentang bisnis Anda.

3. Tayangkan langsung untuk mendapatkan hadiah virtual

Sebagian besar jejaring sosial memiliki fitur streaming langsung, namun yang membuat TikTok unik adalah pengikutnya dapat menunjukkan apresiasi mereka secara real time dengan mengirimkan hadiah virtual, yang dapat ditukarkan dengan pembayaran. Pemberian Hadiah LIVE adalah salah satu fitur TikTok yang paling berguna bagi kreator yang ingin memonetisasi kontennya melalui streaming langsung.

Berinteraksi dengan pengguna secara real-time sangat bagus untuk membangun hubungan yang berharga dengan penggemar Anda. Penonton yang memiliki hubungan kuat dengan seorang kreator cenderung memiliki kepentingan pribadi dalam kesuksesan mereka, yang berarti melakukan siaran langsung juga dapat membantu meningkatkan aliran monetisasi lainnya.

Jika Anda membuat atau menjual produk secara online, live streaming adalah peluang untuk memamerkan item Anda. Banyak retailer e-commerce mendapati bahwa TikTok LIVE mendapatkan lebih banyak minat pembeli dibandingkan fitur langsung di aplikasi media sosial lainnya.

Misalnya, Dasha Derkach, pendiri bisnis ikat rambut Enchanted Scrunch, melihat peningkatan penjualan yang signifikan setelah mengalihkan upaya pemasaran media sosialnya dari Instagram ke TikTok.

“Ini telah meningkatkan penjualan kami secara signifikan,” katanya. “Sebelum TikTok, kami mendapat sekitar dua pesanan dalam seminggu, lalu setelah kami memulainya, sekitar 100 pesanan dalam seminggu. Sekarang kami juga melakukan TikTok LIVE hampir setiap hari dan mendapatkan hampir 500 pesanan dalam seminggu!”

4. Kemitraan afiliasi

Salah satu cara paling inovatif yang memungkinkan TikTok bagi kreatornya menghasilkan uang adalah melalui Creator Marketplace-nya.

Creator Marketplace membantu menghubungkan merek yang tepat dengan influencer yang tepat, memfasilitasi kemitraan dengan cara yang cepat dan mudah bagi kedua belah pihak. TikTok memudahkan pembuatan konten bersponsor yang berharga.

Merek yang ingin menjalankan kampanye pemasaran afiliasi dapat menjelajahi pasar dan dengan cepat menelusuri konten yang dibuat oleh pembuat konten yang mereka tahu terbuka untuk berkolaborasi.

Creator Marketplace bertindak sebagai agensi pemberi pengaruh, yang memungkinkan kedua belah pihak menunjukkan kesediaan mereka untuk bekerja sama. Hal ini mengurangi kecanggungan dalam mendekati influencer, yang mungkin pernah dialami pemasar saat menggunakan influencer marketing di platform lain.

Also Check: Berita Bantuan Langsung Tunai

Toko TikTok

Cara lain untuk menghasilkan uang di TikTok menggunakan tautan afiliasi adalah melalui TikTok Shop. Shop adalah alat TikTok untuk belanja dalam aplikasi, yang memungkinkan pengguna dengan akun bisnis membuat video dan streaming langsung yang dapat dibeli.

Saat menggunakan TikTok Shop, Anda dapat menandai produk saat produk tersebut ditampilkan di video Anda. Ini adalah cara alami untuk menarik perhatian pemirsa ke item yang ingin Anda promosikan.

Anda juga dapat menambahkan informasi produk dan tombol beli ke konten Anda untuk mengarahkan lalu lintas ke mitra afiliasi Anda. Jika Anda menjalankan bisnis afiliasi melalui toko Shopify, Anda dapat berintegrasi langsung dengan TikTok Shop agar pengguna dapat menelusuri item dari dalam aplikasi.

Fitur TikTok Shop untuk mengurangi gesekan bagi audiens Anda. Kini, mereka tidak perlu keluar dari TikTok untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk Anda (atau mitra afiliasi Anda).

Seperti banyak bisnis besar lainnya, merek perawatan kulit Peace Out Skincare diciptakan ketika pendirinya menghadapi masalah yang tidak ada solusinya—sampai ia menciptakan masalah tersebut.

Setelah berjuang melawan jerawat dan hiperpigmentasi, serta masalah kulit lainnya, Enrico Frezza mulai meneliti proses pengembangan produk perawatan kulit dan membangun merek produk perawatan kulitnya sendiri. Merek ini mendapatkan daya tarik awal dengan bermitra dengan influencer TikTok untuk membangun keaslian—dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Pembuat konten yang terlibat juga memonetisasi akun mereka dengan membayar konten. Enrico berbagi bagaimana Peace Out Skincare meraih kesuksesan di TikTok melalui pemasaran influencer di sebuah episode podcast Shopify Masters.

5. Buat iklan dalam feed

TikTok memiliki banyak peluang pemasaran organik yang bagus, tetapi jika Anda bersedia mengeluarkan uang untuk memperluas jangkauan konten Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat iklan in-feed dengan pengelola iklan TikTok.

Iklan TikTok muncul di feed “Untuk Anda” pengguna dan diputar otomatis seperti video TikTok lainnya. Dengan iklan berbayar, Anda dapat memastikan video Anda menjangkau pemirsa yang paling tertarik dengan produk Anda.

Manajer iklan TikTok terintegrasi secara mulus dengan Shopify. Itu berarti Anda dapat membuat iklan TikTok, memilih audiens target, dan melacak kinerja iklan Anda⁠—semuanya dari toko Shopify Anda. TikTok benar-benar bisa menjadi salah satu alat pemasaran online terbaik yang Anda inginkan.

6. Proyek crowdfund

Anda menghabiskan banyak waktu dan tenaga dalam membuat konten untuk penggemar Anda⁠, jadi menawarkan cara yang mudah dan tanpa tekanan bagi mereka untuk memberi kembali adalah cara yang bagus untuk mendapatkan aliran pendapatan tetap. Di sinilah crowdfunding dapat berperan sebagai salah satu cara menghasilkan uang yang paling mudah diakses oleh para pembuat konten.

Crowdfunding dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, bergantung pada jenis pendanaan yang Anda cari. Jika Anda mencari dana awal untuk proyek tertentu, Anda dapat menggunakan TikTok untuk menggalang pengikut Anda dengan menetapkan tujuan pendanaan dan mengadakan acara penggalangan dana langsung.

Jika Anda ingin mendanai proyek tertentu, berikut beberapa situs crowdfunding yang bisa dijelajahi.

  • Kickstarter: Kickstarter adalah platform crowdfunding yang paling banyak digunakan dan dikenal di web, memberikan kredibilitas penggalangan dana Anda.
  • Indiegogo: Jika Anda tidak menetapkan target pendanaan, Anda mungkin lebih memilih Indiegogo, yang menawarkan tujuan penggalangan dana yang lebih fleksibel, sehingga Anda dapat menerima dana setelah tenggat waktu.
  • Fundable: Fundable memungkinkan startup menawarkan ekuitas sebagai imbalan atas pendanaan, menjadikannya alat yang hebat untuk menemukan investor. Namun saat ini, Fundable hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat.
  • Crowdcube: Crowdcube menawarkan keuntungan eksklusif kepada perusahaan yang berhasil mencapai tujuan penggalangan dana dari organisasi mitranya melalui Crowdcube Funded Club.

7. Kumpulkan tip

Untuk cara cepat dan mudah menerima donasi, pertimbangkan untuk menggunakan platform pemberian tip. Platform pemberian tip berfungsi seperti wadah tip di kehidupan nyata, dan pemirsa yang menyukai video Anda dapat berterima kasih melalui donasi kecil. Opsi ini tersedia bagi penggemar, tetapi tidak wajib, dan mereka dapat menyumbang berapa pun jumlah yang mereka suka, kapan pun mereka mau.

Jika ini terdengar lebih menarik bagi Anda, ada beberapa platform pemberian tip yang bagus untuk dicoba.

  • Fitur pemberian tip asli TikTok: Ini adalah cara termudah untuk mengumpulkan tip dalam aplikasi, dengan tombol praktis di profil Anda yang dapat diketuk pengguna untuk membayar Anda.
  • Tipeee: Tipeee tidak menawarkan langganan, namun kelebihannya terletak pada kesederhanaannya. Di Tipeee, pembuat konten dapat menyiapkan halaman agar penggemarnya dapat langsung “memberi tip” berapa pun jumlah yang mereka inginkan, kapan pun mereka mau.
  • Belikan Saya Kopi: Beli Saya Kopi dengan bangga dibuat untuk para kreator, bukan untuk bisnis. Seperti Tipeee, kekuatannya terletak pada kesederhanaannya. Pengikut diarahkan ke halaman di mana mereka dapat membeli “kopi” sebanyak yang mereka suka untuk pembuatnya. “Kopi”, dalam hal ini, adalah pembayaran $1 yang ditransfer ke pembuatnya melalui PayPal atau perbankan online.
  • Ko-fi: Ko-fi menawarkan tips, keanggotaan, dan cara menawarkan komisi kepada pengguna untuk konten yang dipersonalisasi, seperti tutorial khusus atau chat video.

8. Langganan Patreon

Crowdfunding berfungsi untuk proyek-proyek besar, dan memberi tip adalah cara paling sederhana untuk mengumpulkan dana dengan cepat. Namun bagaimana jika Anda ingin mendapatkan aliran pendapatan pasif yang lebih teratur? Coba platform langganan berbasis kreator, seperti Patreon.

Model pendapatan berbasis langganan sangat cocok untuk pembuat konten karena Anda dapat menjaga biaya berlangganan individual tetap rendah dan fokus pada peningkatan jumlah pelanggan.

Berlangganan berbiaya rendah, katakanlah, $1 per bulan adalah penjualan yang mudah kepada satu penggemar setia. Jika Anda memiliki banyak penggemar setia, jumlah uang tersebut akan mulai bertambah.

Patreon adalah platform besar yang dibuat untuk memungkinkan pembuat konten dan influencer menghasilkan pendapatan melalui keanggotaan berbayar dari penggemar paling setia mereka⁠. Di Patreon, Anda dapat mengatur tingkat keanggotaan yang memungkinkan Anda menawarkan konten eksklusif kepada pendukung terbesar Anda.

Ada alternatif lain (terutama Ko-fi, yang juga menyertakan fitur pemberian tip), namun Patreon memiliki manfaat tambahan berupa kesadaran merek, yang menambah tingkat kepercayaan dari calon pendukung.

Jika menurut Anda layanan berlangganan mungkin merupakan cara terbaik untuk memonetisasi akun TikTok Anda, berikut beberapa praktik terbaik yang perlu diingat:

  • Pikat penggemar Anda dengan hadiah. Penonton cenderung meningkatkan donasinya jika mereka mendapatkan sesuatu yang berharga.
  • Ucapkan terima kasih secara langsung kepada pendukung Anda. Buat penggemar Anda merasa dihargai dan kemungkinan besar mereka akan terus mendukung karya Anda.
  • Promosikan halaman Patreon Anda. Penggemar tidak dapat berlangganan jika mereka tidak tahu Anda menawarkannya.
  • Pertahankan biaya berlangganan tetap rendah. Lebih mudah mendapatkan $1 dari 50 pengikut daripada mendapatkan $50 dari satu pengikut.
  • Buat konten baru secara konsisten. Pemirsa yang membayar memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terkait seberapa sering Anda merilis konten baru.

Program rujukan Hadiah TikTok

Semua pengguna aktif TikTok yang memenuhi persyaratan usia minimum dapat merujuk pengguna baru ke aplikasi tersebut dengan imbalan poin TikTok Rewards.

Apa itu Hadiah TikTok?

TikTok Rewards adalah poin virtual yang dapat Anda peroleh dengan membujuk orang untuk bergabung dengan TikTok atau dengan menyelesaikan aktivitas seperti menonton, membuat, dan berinteraksi dengan video.

Hadiah dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam jumlah kecil dengan nilai yang ditentukan oleh lokasi Anda. Setelah Anda mengumpulkan penghasilan, Anda dapat menariknya ke rekening bank atau rekening PayPal Anda. Di beberapa negara, Hadiah juga dapat ditukarkan dengan kupon dan isi ulang ponsel.

Periksa halaman Aturan Tugas di aplikasi Anda untuk melihat jumlah poin TikTok Rewards yang berhak Anda terima, dan tugas yang dapat diselesaikan oleh pengguna yang Anda referensikan untuk mendapatkan poin tambahan bagi mereka dan Anda.

Bagaimana cara kerja referensi TikTok?

Untuk membuat kode rujukan, buka Profil, lalu Temukan atau Untuk Anda. Ketuk spanduk TikTok Rewards, lalu ikon koin di pojok kiri atas layar. Di sana, Anda akan melihat tautan rujukan dan kode undangan.

Setelah itu, Anda dan pengguna yang Anda referensikan harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Undang pengguna baru untuk bergabung dengan platform.

Untuk mulai mendapatkan reward melalui program rujukan TikTok, Anda hanya perlu meminta teman, anggota keluarga, atau rekan kerja untuk mendownload dan menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Pengguna baru membuat profil dan memasukkan kode undangan.

Setelah teman Anda mengunduh dan membuka TikTok, mereka harus membuka Profilnya dan memilih ikon di samping namanya. Di sana, mereka dapat memasukkan kode referensi yang Anda kirimkan kepada mereka.

Catatan: Teman Anda harus memasukkan kode referensi dalam waktu 24 jam untuk mendapatkan poin reward undangan.

  1. Opsional: pengguna baru menonton video untuk mendapatkan lebih banyak hadiah.

Saat pengguna baru menonton video melalui halaman Aktivitas, mereka dan Anda akan mendapatkan Hadiah tambahan. Jumlah video yang harus mereka tonton untuk mendapatkan Hadiah berbeda-beda berdasarkan lokasi, namun TikTok menyarankan untuk menonton video selama beberapa menit setiap hari, dimulai dari hari pertama setelah kode referensi dimasukkan.

Seiring berjalannya waktu, pengguna baru juga bisa mendapatkan poin dengan memposting video dan berinteraksi dengan konten.

Note: The new user must watch videos within the period shown on the Activity page to be eligible for Rewards.

Siapa pemirsa TikTok Anda?

Untuk menghasilkan uang dari audiens TikTok Anda, Anda perlu tahu siapa mereka. Dan di TikTok, pengguna cenderung lebih muda. Mayoritas pengguna (62%) berusia di bawah 30 tahun, dengan 32,5% pengguna aktif berusia di bawah 20 tahun. Banyak orang menganggap popularitas TikTok di kalangan Gen Z sebagai ciri khasnya, namun hal ini dapat berubah dengan cepat.

Sebuah survei menunjukkan semakin banyak generasi milenial yang bergabung dengan platform ini, dan jejaring sosial cenderung paling populer di kalangan remaja⁠—jadi dengan mulai melayani pengguna TikTok yang lebih tua dapat memberi Anda keuntungan besar dalam beberapa tahun.

Tidak ada pendekatan universal terhadap TikTok, tetapi memiliki pemahaman yang kuat tentang audiens Anda akan menempatkan Anda pada posisi yang lebih baik untuk menemukan cara terbaik untuk memonetisasi pengikut Anda.

Selalu utamakan konten

Bagian tersulit dalam menggunakan media sosial untuk menjual produk adalah tidak berlebihan dalam jumlah materi promosi.

Penggemar Anda memahami bahwa Anda memerlukan dana untuk terus membuat konten yang mereka sukai, tetapi tidak ada yang mau mengikuti akun yang sepertinya terus-menerus diiklankan.

Hal ini terutama berlaku pada TikTok, karena platform itu sendiri diarahkan untuk membentuk hubungan pribadi dengan audiens Anda.

Pengguna menghargai konten yang bagus, jadi mungkin ada gunanya mengambil pendekatan “mengutamakan konten”. Daripada memulai dengan promosi penjualan dan membuat konten berdasarkan promosi tersebut⁠, buatlah konten terlebih dahulu dan biarkan konten tersebut menginspirasi cara terbaik untuk memonetisasi akun Anda.

Pendekatan ini berhasil untuk Parade, sebuah perusahaan pakaian dalam ramah lingkungan yang meraih kesuksesan dengan beriklan kepada pelanggan milenial dan Gen Z di TikTok. Manajer pemasaran pertumbuhan Parade, Darya Dziadzenka, dengan cepat menemukan bahwa konten pemasaran TikTok yang paling efektif adalah konten asli: konten tersebut memprioritaskan relevansi dan humor daripada mengejar penjualan.

“Kunci kesuksesan di TikTok adalah menjadikan kontennya seorganik mungkin bagi platform,” kata Darya.

Postingan TikTok Anda harus menawarkan nilai kepada audiens Anda—bukan hanya menjual kepada mereka. Contoh bagus lainnya dari pendekatan ini adalah Partly Sunny Projects, merek tanaman online yang mengirimkan tanaman hijau California ke seluruh negeri.

Pendiri Sonja Detrinidad memulai bisnisnya sebagai pengalih perhatian dari stres pekerjaannya sehari-hari dan menggunakan TikTok untuk mengabadikan prosesnya. Tak butuh waktu lama bagi penonton TikTok untuk jatuh cinta dengan kepribadian Sonja yang menawan. Video TikTok autentiknya selaras dengan minat pemirsanya.

Hal yang membuat penggunaan TikTok untuk bisnisnya begitu sukses oleh Sonja adalah karena dia berfokus pada pembuatan konten yang dia tahu akan disukai pemirsanya. Sonja meliput topik-topik yang berkaitan dengan berkebun, secara efektif menarik perhatian tipe pengikut yang tepat yang dapat diubah menjadi pelanggan.

Bergabunglah dengan ekonomi kreator

Kreator bukan lagi sekadar seniman. Mereka juga pengusaha, pemasar, tenaga penjualan, akuntan, pendiri, CEO⁠—dan segala sesuatu di antaranya. Dalam ekonomi kreator, para bintang adalah hasil karya mereka sendiri⁠ berdasarkan kreativitas, semangat, dan keinginan mereka untuk menciptakan sesuatu yang unik.

Waktu adalah uang bagi seniman⁠—dan menghasilkan lebih banyak uang dari karya seni memberi Anda lebih banyak waktu untuk berkreasi. Jika uang itu sendiri tidak cukup memberi imbalan, maka waktu tambahan yang akan diperoleh akan berkurang. TikTok adalah salah satu dari banyak platform yang menawarkan kepada kreator kemampuan untuk menghasilkan uang secara online. Lakukan yang terbaik yang sudah Anda lakukan—dan dapatkan bayaran untuk melakukannya.

RELATED ARTICLES

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular